Usaha Rumahan Ternak Sapi Perah Menjanjikan Sarana Cepat Kaya

Acrsc Blog | Usaha Rumahan Ternak Sapi Perah Menjanjikan Sarana Cepat Kaya - Sapi perah yaitu jenis hewan ternak penghasil susu yang banyak di budidayakan di beberapa negara khususnya di indonesia. Pasalnya hampir semua jenis susu entah itu susu kemasan , susu debu , susu cair , dan jenis oalahan susu lainnya terbuat dari susu sapi perah. Susu juga merupakan minuman yang di gemari banyak orang di indonesia. Susu selain enak dan nikmat juga mempunyai aneka macam manfaat yang baik bagi tubuh. Susu juga mengandung banyak gizi dan nutrisi yang di butuhkan tubuh.

Bisnis ternak sapi perah ini sangat lah menjanjikan. Terlebih kebutuhan akan susu sapi semakin meningkat setiap tahunnya. Usaha ternak sapi perah ini juga di kategorikan sebagai perjuangan rumahan yang menjanjikan dan menghasilkan banyak keuntungan. Bagi anda yang tertarik dan ingin kaya dengan perjuangan rumahan ternak sapi perah berikut ada beberapa langkah yang harus anda lakukan. 



Usaha Rumahan Ternak Sapi Perah Menjanjikan Sarana Cepat Kaya

1. Pembuatan kandang

Ketika anda sudah memutuskan untuk membudidayakan sapi perah maka langkah awal yang anda lakukan yaitu membuat sangkar untuk hewan ternak anda. Sesuaikan lah bentuk dan ukuran sangkar dengan hewan yang anda ternakkan , alasannya yaitu hal ini penting bagi hewan ternak anda. Pembuatan sangkar untuk sapi perah berbeda dengan hewan ternak lainnya. Kandang untuk sapi perah haruslah berada pada lokasi yang jauh dengan pemukiman. Dan jarak sangkar dengan kawasan tinggal anda sekitar 10 meter. Selain lokasi sangkar yang harus jauh dari pemukiman , peralatan sangkar juga harus menerima suplai sinar matahari yang cukup. Untuk ukuran sangkar sapi jantan sekitar 1 ,5 x 2 meter. Dan untuk sapi perah betina ukuran sangkar nya sekitar 1 ,8 x 2 meter. Sementara itu anda juga harus memperhatikan temperatur sangkar sapi anda. Temperatur yang sempurna untuk sangkar sapi perah sekitar 25 hingga 40 derajat.



2. Pemilihan bibit

Dalam berternak apapun pemilihan bibit yang baik sangat perlu dilakukan alasannya yaitu bibit yang baik akan menghasilakan hasil yang baik dan memuaskan. Bibit yang baik untuk membudidayakan sapi perah yaitu jenis sapi Fries Holland dan FH. Sapi jenis ini memiliki ciri kulit putih dengan bercak hitam. Sapi jenis ini dapat menghasilkan susu lebih banyak di bandingkan dengan jenis sapi perah yang lainnya. Usia yang ideal untuk berternak sapi perah jenis ini yaitu 3 ,5 tahun atau lebih dan sudah bernah beranak. Oleh alasannya yaitu itu pemilihan bibit sapi harus benar - benar teliti. 



3. Pemberian pakan ternak

Dalam perjuangan ternak menunjukkan pakan yang teratur dan sempurna juga merupakan hal penting dalah perjuangan ternak sapi perah. Pakan sapi perah juga sama dengan pakan sapi yang lainnya. Seperti jerami , rumput , konsentrat dan lainnya. Pemberian kacang - kacangan juga tidak kalah penting dalam santunan paka sapi perah. Berikan makan 2 hingga 3 kali sehari. Menggembala sapi biar mencari makan sendiri juga dapat memperkuat kaki sapi ternak anda. Namun untuk sapi betina yang sedang menyusui memerlukan embel-embel pakan berupa rumput hijau yang di campur dengan kacang - kacangan dan konsentrat. Berikan juga minum pada hewan ternak anda sekitar 10%.



4. Pemeliharaan sapi perah

Selain santunan pakan , pemeliharaan juga penting dilakukan. Dalam pemeliharaan sapi perah bertujuan untuk memastikan kesehatan hewan ternak tersebut. Pemeliharaan hewan ternak ini juga termasuk mengecek masa birahi dan reproduksi sapi perah. Dalam perjuangan ternak sapi perah proses pembibitan harus di awasi dengan teliti alasannya yaitu memiliki relasi yang dekat dengan produksi susu. Berikan juga vitamin pada sapi anda biar produksi susu yang di hasilkan berkualitas. 



5. Pemeliharaan kandang

Kandang sapi harus di bersihkan setiap hari biar terhindar dari penyakit yang berasal dari kotoran sapi. Kotoran sapi harus di pisahkan di kawasan lainnya biar terjadi fermentasi dan mampu di jadikan sebagai pupuk. Cara membersihkan sangkar sapi dengan cara menyemprotkan air krmudian menyapu kotoran yang ada. Air minum juga harus tersedia setiap hari. Sebaiknya pakan dan air minum berada di luar sangkar namun masuh satu atap. Tempat pakan dan minum harus lebih tinggi biar tidak terinjak injak oleh sapi lainnya.



6. Masa panen

Masa ini yaitu masa yang di tunggu - tunggu oleh para peternak sapi perah yaitu susu. Susu yang di hasilkan oleh para sapi betina akan sangat melimpah jikalau perawatan dan pemeliharaan sapi dilakukan dengan baik. Selain susu , sapi perah juga menghasilkan daging dan kulit yang bagus. Serta kotorannya dapat digunakan sebagai pupuk kandang.



Sekian gosip tentang Usaha Rumahan Ternak Sapi Perah Menjanjikan Sarana Cepat Kaya. Semoga bermanfaat.