Tips memulai urusan ekonomi konveksi

Acrsc Blog | Tips memulai urusan ekonomi konveksi - Bisnis Konveksi memang sangat menjanjikan keuntungan yang didapatkan juga sangat berlipat apabila anda berhasil dalam mengelola nya. Banyak yang mencoba terjun dalam bidang urusan ekonomi konveksi ini. Namun sebelum anda memuuskan terjun di urusan ekonomi ini pastikan dulu anda tau seluk beluk dunia konveksi , peluang usahanya , hingga dengan untung ruginya berbisnis konveksi ini.

Bisnis memang tidak selalu di mulai dengan modal yang besar. Memulai urusan ekonomi konveksi juga mampu dengan modal kecil. Yang menyebabkan urusan ekonomi ini menjanjikan yaitu alasannya yaitu masih minim nya pesaing. Dan berikut beberapa tips untuk memulai urusan ekonomi konveksi diantaranya yaitu :



1. Dalam memulai urusan ekonomi hal pertama yang harus anda lakukan yaitu membuat business plan. Buat lah secara detail business plan anda dengan sedetail mungkin. Mulai dari modal awal , perlengkapan konveksi , merekrut karyawan , materi baku , membuat desain , proses produksi , packing , penjualan , analisa untung rugi , promosi , hingga penyelesaian permasalahan yang akan datang. 
2. Cari modal untuk memulai urusan ekonomi konveksi ini. Jika anda memiliki tabungan maka anda mampu memakai tabungan anda tersebut sebagai modal awal anda. Namun kalau anda tidak mempunyai tabungan maka modal dapat di peroleh dari dukungan atau kredit bank.
3. Jika anda sudah mempunyai modal maka langkah selanjut nya untuk memulai urusan ekonomi konveksi ini yaitu membeli perlengkapan konveksi ibarat mesin jahit , mesin obras , gunting , meteran , benang , resleting , dan segala perlengkapan konveksi lainnya perlu di lengkapi.
4. Perlengkapan sudah anda siapkan , dan langkah selanjutnya yaitu ketika nya untuk merekrut karyawan. Rekrut karyawan yang memiliki keterampilan dalam menjahit dan mau bekerja keras. Pemilihan karyawan yang baik juga akan berdampak pada kelangsungan urusan ekonomi anda kedepan.
5. Kemudian Buatlah desain pakaian. Anda mampu membuat desain pakaian dengan melihat animo yang sedang marak di pasaran atau anda membuat desain yang anda ciptakan sendiri. Namun saya lebih menyarankan biar anda lebih memilih desain dengan mengikuti animo , mungkin ini lebih aman alasannya yaitu produk nya tersedia di pasarannya. Tapi kalau anda lebih memilih membuat desain anda sendiri ini berarti anda membuka pasar gres , hal ini memang cantik namun konsumen anda belum jelas. Pertimbangkan dengan benar problem ini , jangan hingga modal anda terjebak dalam barang yang menumpuk dan tidak laku dijual. Jangan hingga anda juga mengalami kerugian alasannya yaitu menjual produk anda dengan murah asalkan laku di pasaran.
6. Setelah anda jawaban menentukan desain anda , selanjutnya pilih materi baku untuk produk anda. Pastikan materi yang anda gunakan sesuai dengan desain dan target pasar yang anda bidik.
7. Ketika materi sudah siap , berikutnya mulai lah memotong sesuai dengan desain dan jumlah yang sudah anda pertimbangkan. Kemudian berlanjut pada proses jahit menjahit yang di kerjakan oleh para karyawan anda. Dalam proses ini anda juga perlu mengawasi karyawan anda biar tidak terjadi kesalahan.
8. Setelah proses jahit menjahit jawaban , kemudian dilanjutkan dengan proses setrika. Jangan lupa juga beli label pada produk anda dan sertakan juga ukuran untuk setiap produk anda. Setelah semua proses produksi sudah jawaban anda mampu eksklusif ke tahap packing.
9. Pakaian yang sudah di packing biasanya di kemas dengan plastik putih transparan. Barang - barang tersebut sudah mampu anda pasarkan.
10. Dalam pemasaran produk pastikan juga harga barang juga bersaing dengan barang yang sejenis namun tetap harus menerima keuntungan untuk menutup biaya produksi.
11. Jika anda menginginkan konsumen yang leih banyak dan dapat menjangkau konsumen yang lebih jauh dan luas maka anda mampu membuka toko online. Buat juga sebuah agenda yang dapat memperkenalkan produk konveksi anda kepada masyarakat luas. Seperti mengikuti bazzar , promosi melalui media cetak , stiker dan juga brosur.



Memulai Bisnis Konveksi

1. Manfaatkan Lahan yang Sudah Ada

Memulai perjuangan konveksi tidak selalu membutuhkan rumah industri atau pabrik. Anda juga mampu menggunakan rumah anda sebagai rumah produksi. Karena yang diharapkan dalam perjuangan ini yaitu keterampilan dalam menjahit. Kaprikornus jangan memikirkan kalau tidak mempunyai pabrik atau rumah industri. Karena anda dapat menjalankan urusan ekonomi ini dirumah.

2. Jangan Gunakan Harga Teman

Dalam urusan ekonomi anda harus menunjukkan harga sesuai dengan tingkat kesulitannya. Jangan memberika harga sahabat , yang berarti anda seenaknya menunjukkan harga. Pertimbangkan selalu harga pasar dan juga para pesaing anda. 

3. Gunakan Media Sosial

Anda mampu menggunakan media umum untuk mempromosikan perjuangan anda biar lebih di kenal banyak orang. Caranya buatlah fanpage untuk perjuangan anda dan pastikan fanpage selalu aktif memposting model gres dan juga harga - harga dari produk anda tersebut. Selain dengan menggunakan fanpage anda juga mampu membuat website milik anda sendiri untuk perjuangan konveksi anda tersebut.

Sekian gosip tentang Tips memulai urusan ekonomi konveksi. Semoga Bermanfaat.