Tips Budidaya Kacang Panjang dalam Polybag yang Menguntungkan

Acrsc Blog | Tips Budidaya Kacang Panjang dalam Polybag yang Menguntungkan - Menanam sayur tidak harus memiliki lahan yang luas. Jika anda tidak mempunyai lahan yang cukup anda tetap mampu menanam sayuran dengan menggunakan polybag. Dengan anda menanam menggunakan polybag maka anda tidak membutuhkan lahan yang luas lagi. Salahsatu jenis sayuran yang mampu anda tanam sendiri dengan menggunakan polybag yaitu kacang panjang. 

Kacang panjang yaitu sayuran yang bergizi dan sering di gunakan oleh para ibu rumah tangga untuk di masak menjadi tumisan untuk menu makan keluarga. Langkah untuk menanam kacang panjang dengan menggunakan polybag sangat mudah. Kacang panjang juga tidak memerlukan perawatan yang sulit , pertumbuhannya juga tidak lama. Tidak heran jikalau banyak orang yang memilih membudidayakan kacang panjang sebagai urusan ekonomi mereka.

Bisnis budidaya kacang panjang yaitu urusan ekonomi yang menguntung kan yang mampu di lakukan oleh siapa saja. Memang umumnya menanam sayur memerlukan lahan yang luas namun tidak untuk kacang panjang. Dengan lahan yang terbatas anda masih mampu membudidayakan sayuran ini dengan menggunakan polybag untuk menghemat lahan.

Jika anda ingin menerima hasil kacang panjang yang berkualitas maka anda harus memperhatikan kualitas media tanamnya. Karena media tanam akan mensugesti hasil dari tanaman yang kita tanam. Media tanam berfungsi untuk menunjukkan nutrisi untuk kelangsungan pertumbuhan tanaman dan sebagai daerah untuk akar tumbuh dan berkembang.

Jika anda berminat untuk terjun di urusan ekonomi budidaya kacang panjang , disini saya akan menunjukkan beberapa tips budidaya kacang panjang dalam polybag yang mampu anda praktekan.



Tips Budidaya Kacang Panjang dalam Polybag yang Menguntungkan

1. Pemilihan Bibit

Selain menentukan media tanam yang sempurna , pemilihan bibit juga penting dilakukan. Karena bibitakan mensugesti hasil panen nantinya. Ciri bibit kacang panjang yang baik yaitu yang berkecambah diatas 90% dan penampilan kacang bernas tau kusam , bibit tidak rusak dan tidak boleh mengandung hama dan penyakit. Berbeda dengan budidaya tanaman lainnya. Kacang panjang ini tidak memerlukan penyemaian bibit. Bibit yang sudah dipilih mampu eksklusif di tanam di media tanam yang anda siapkan.



2. Persiapan Media Tanam

Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu siapkan tanah yang subur dan gembur. Kemudian ayak tanah menjadi butiran tanah yang halus dan pastikan tidak ada tanah yang menggumpal. Setelah itu siapkan kompos dan arang sekam. Setelah semua materi siap lalu campurkan semua materi dengan perbandingan 2 : 1 :1 lalu anda mampu memasukkan nya ke dalam polybag. 



3. Proses Penanaman Kacang Panjang

Waktu yang sempurna untuk proses penanaman kacang panjang yaitu pada awal isu terkini hujan. Ini bertujuan semoga tanaman kacang panjang anda menerima suplay air yang cukup. Sebaiknya untuk penanaman lebih baik satu polybag di isi dengan dua biji bibit kacang panjang semoga nantinya kacang panjang dapat tumbuh lebih baik. Masukan bibit kacang di dalam lubang , lubang nya tidak usah dalam - dalam , jikalau sudah tutup kembali menggunakan tanah.



4. Perawatan Kacang Panjang

untuk menghasilkan kacang panjang yang berkualitas maka anda juga harus melaksanakan perawatan. Jika tanaman yang anda tanam terkena hama penyakit maka segeralah mengganti tanaman tersebut dengan tanaman gres semoga tanaman yang lain tidak tertular hama dan tanaman mampu tumbuh secara serentak. Ini dilakukan dikala tanaman menginjak umur 5 hingga 7 hari. Jangan lupa juga untuk melaksanakan penyiangan tanaman. Bersihkan juga gulma atau tanaman pengganggu sejenis lainnya yang tumbuh di sekitar polybag tanaman kacang panjang anda. 



5. Proses Panen

Ketika ukuran polong kacang panjang sudah optimal maka ini yaitu ciri jikalau kacang panjang siap untuk di panen. Jika dihitung dari masa tanam yaitu sekitar 3 hingga 4 bulan. Waktu yang pas untuk memanen yaitu dikala pagi hari sebelum matahari menyengat. Karena waktu ini lah kacang masih dalam kondisi masih sangat segar. Cara memanen kacang panjang sangat lah mudah , cukup potong bab ujung pangkal kacang panjang. Satu tanaman kacang panjang mampu menghasilkan beberapa buah kacang panjang.



Mudah bukan budidaya kacang panjang dengan polybag. Modal yang di perlukan juga tidak besar , serta anda mampu tetap melaksanakan budidaya dengan lahan terbatas. Ini lebih hemat dalam segala aspek. Sekian isu tentang Tips Budidaya Kacang Panjang dalam Polybag yang Menguntungkan. Selamat mencoba dan Semoga Bermanfaat.