Peluang Usaha Budidaya Belut Dengan Modal Kecil

Acrsc Blog | Peluang Usaha Budidaya Belut Dengan Modal Kecil - Sepintas belut seolah-olah sekali dengan ular namun belut ini termasuk kedalam jenis ikan. Belut ini sangat licin apabila di pegang oleh tangan. Walaupun begitu belut ini sangat banyak penggemarnya , dikarenakan rasanya yang gurih dan renyah bila digoreng. belut juga memiliki banyak sekali manfaat. Cara pengolahan belut juga sangat mudah. Tidak heran bila orang yang menyukai belut sangat banyak.

Dengan banyak nya peminat maka undangan akan belut juga cukup banyak dan banyak orang juga yang memanfaatkan keadaan ini untuk menjadikannya sebagai sebuah peluang perjuangan yang menjanjikan. Prospek keuntungan dari hasil budidaya belut ini juga cukup besar. 

Banyak rumah makan atau restoran yang menyediakan menu dari olahan belut , yang mengharuskan mereka menerima pasokan belut yang cukup dari para petani belut. Pemasaran nya yang mudah inilah yang membuat budidaya belut banyak di minati. 

Memulai perjuangan budidaya belut bukanlah termasuk hal yang sulit. Karena kawasan hidup belut yakni di rawa - rawa dan lumpur jadi belut tetap mampu hidup ditempat kotor sekalipun. Namun untuk bibit belut tetap harus menggunakan air bersih dan terhindar dari pencemaran materi kimia. 

Usaha budidaya belut sangat cocok dijadikan sebagai usaha rumahan yang mudah dan menguntungkan. Modal awal yang di butuhkan untuk budidaya belut tidak lah besar. Untuk bibit belut , anda mampu membelinya pada pihak lain di sekitar kawasan tinggal anda. Untuk perjuangan budidaya belut juga tidak membutuhkan lahan yang luas , sebab anda mampu menggunakan tong atau drum sebagai media hidup belut. 

Budidaya belut ini mampu anda jalankan dengan banyak sekali media tanam misalnya saja , anda mampu membudidayakan belut dengan air bersih , Pembibitan pemijahan belut dengan media lumpur , Budidaya belum dengan menggunakan drum , Budidaya belut dengan bak tembok atau dengan bak terpal ataupun tanah , Bahkan anda mampu menggunakan bejana untuk budidaya belut tersebut. Ini jauh lebih praktis dan ringan , sehingga modal yang anda keluar kan lebih kecil. 



Peluang Usaha Budidaya Belut Dengan Modal Kecil

1. Media Hidup

Media hidup belut sangat penting sebab ini merupakan kawasan hidup belut yang anda budidayakan. Seperti yang sudah aku sebutkan di atas , untuk media hidup belut sangat banyak. Anda mampu menggunakan tong , drumb , bak beton , bak terpal , atau bak lumpur. Jika anda seorang pemula , maka aku sarankan untuk membudidayakan belut menggunakan tong atau drum. Karena menggunakan tong dan drum jauh lebih mudah dan menghemat tempat.



2. Bibit Belut

Untuk proses pemilihan bibit belut ini juga termasuk langkah penting dalam budidaya belut itu sendiri. Untuk ukuran ideal bibit belut yaitu berkisar 1-2 cm , namun juga tergantung pada jenis belut itu sendiri. Anda mampu mencari bibit belut di sekitar kawasan tinggal anda , atau pada kawasan pemijahan belut. Biasanya di kawasan pemijahan belut menjual banyak sekali jenis belut. Anda mampu membelinya pada pihak lain.



3. Air

Jika anda membudidayakan belut pada bak atau drum dan tong maka pertimbangkanlah air nya. Mulai dari suhu dan kualitas air itu sendiri. Air yang digunakan untuk budidaya belut yakni air bersih yang bersuhu sekitar 25-31 derajat celcius. Setelah belut tumbuh cukup umur anda mulai mampu memindahkannya pada bak lumpur , sebab habitat asli belut yakni di lumpur.



4. Pakan Belut

Belut sama dengan lele yang tidak merepotkan dalam hal pakan. Anda mampu menunjukkan pakan belut berupa kecebong , ikan - ikan kecil , bekicot , keong mas dan cacing tanah. Untuk bekicot dan keong mas sebaiknya di cincang terlebih dahulu untuk memudahkan belut mencerna nya. Jangan terlalu banyak menunjukkan pakan pada belut sebab sisa dari pakan tersebut akan menghipnotis air nya menjadi keruh dan berdampak pada perkembangan belut. Berilah pakan belut sekitar 5 persen dari jumlah belut di dalam kolam. Waktu santunan pakan belut yakni malam hari atau sore menjelang malam. 



5. Perawatan Belut

Untuk perawatan belut memang cukup mudah , namun anda harus tetap memperhatikan media hidup , kualitas air , pakan dan juga banyak sekali hal yang berkaitan dengan belut. Namun yang mungkin perlu anda perhatikan betul yakni kualitas air. Anda mampu membuat sistem penyaringan air , dimana air yang sudah keruh di gantikan dengan air bersih.



6. Masa Panen

Yang namanya masa panen yakni masa yang di tunggu - tunggu oleh semua petani , termasuk petani belut. Jika bibit belut sudah berusia 4 hingga 5 bulan dan bobot perekor belut tersebut sudah mencapai 3 ons dan panjang nya 10 hingga 12 cm maka anda sudah mampu memanen nya. Sebaiknya sebelum memanen anda mampu menyisakan bibit belut terlebih dulu untuk di ternak kan kembali. 



Demikian artikel tentang Peluang Usaha Budidaya Belut Dengan Modal Kecil. Semoga dapat menunjukkan anda wangsit untuk memulai perjuangan budidaya belut. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.