Peluang Usaha Budidaya Jamur Tiram Bisnis Rumahan Menjanjikan

Acrsc Blog | Budidaya jamur tiram cocok di kawasan tropis menyerupai di indonesia. Jamur tiram ialah tumbuhan yang mudah tumbuh dan memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Ada banyak jenis jamur yang bisa di budidayakan tapi jenis jamur tiram ialah yang paling dicari. Peluang urusan ekonomi budidaya jamur tiram ini juga cukup menjanjikan.

Peluang perjuangan budidaya jamur ini juga masih terbuka lebar. Untuk anda yang ingin berbisnis budidaya jamur tiram ini bisa dengan modal kecil , investasi untuk perjuangan ini juga bertahap. Cara perawatan jamur tiram ini juga tidak begitu sulit. Berikut peluang perjuangan budidaya jamur tiram , urusan ekonomi rumahan yang menjanjikan :


1. Jamur Crispy

Anda pasti sudah tau apa itu jamur crispy. Jamur crispy ialah jamur yang ditepungi dan di goreng hingga kering. Jamur crispy memiliki rasa yang gurih sehingga tidak sedikit yang menggemari cemilan satu ini.

Banyak sekali pedagang jamur crispy di pinggir jalan. Anda bisa memanfaat kan hal ini sebagai peluang urusan ekonomi anda. Anda bisa membudidayakan jamur tiram lalu di jual pada pedagang jamur crispy atau anda juga bisa ikut membuka perjuangan jamur crispy. Kaprikornus tidak hanya menjualnya pada pedagang jamur crispy tapi anda juga bisa ikut membuka perjuangan jamur crispy dengan hasil budidaya anda sendiri.



2. Menu kuliner rumahan

Banyak sekali aneka olahan yang bisa kita buat dari jamur tiram ini. Tidak sedikit ibu rumah tangga yang memasak jamur tiram untuk menu makan keluarganya. Anda bisa memasarkan hasil budidaya anda ini di pasar.

Anda juga bisa menjual banyak sekali macam olahan jamur ini. Prospek dari perjuangan ini terbilang cukup menguntungkan. Anda bisa mencobanya.


3. Keripik Jamur

Keripik jamur ini sedikit menyerupai dengan jamur crispy , tapi bedanya keripik ini lebih tahan lama daripada jamur crispy tadi. anda bisa memulai perjuangan membuat keripik jamur ini sebagai cemilan dan bisa juga di jadikan lauk untuk makan. Mungkin sudah banyak sekali pengusaha olahan keripik tempe ini. Dan peran anda ialah menciptakan sebuah kreasi gres supaya produk anda lebih menarik minat konsumen.


4. Jamur kiloan

Untuk anda yang tidak mau bersusah susah mengolah jamur anda , anda bisa menjualnya perkilogram (Kg). Ini akan mempermudah konsumen untuk mengolah nya alasannya ialah tidak perlu membeli dengan jumlah banyak , cukup membeli sesuai kebutuhan saja.


Dan Berikut Adalah Cara Budidaya Jamur Tiram :

1. Menyiapkan Kumbung

Yang pertama yang harus anda lakukan sebelum mulai membudidayakan jamur tiram ialah menyiapkan kumbung jamur. Kumbung ialah tempat tinggal jamur. Tempat penyimpanan dan perawatan baglog untuk pertumbuhan jamur dari masih kecil hingga besar hingga jamur siap di panen.

Kumbung harus mempunyai kemampuan untuk menjaga kelembaban suhu udara supaya jamur bisa tumbuh sempurna. Di dalam kumbung terdapat rak - rak untuk meletakan dan menyusun baglog tempat tumbuhnya jamur.


2. Menyiapkan Baglog jamur

Baglog ialah media tempat menanam jamur tiram. Baglog terbuat dari serbuk gergaji kayu yang di bungkus dengan plastik berbentuk silinder. Anda bisa membuat sendiri baglog jamur ini. Namun kalau kita masih pemula kita sebaiknya membei baglog , alasannya ialah membuat baglog juga tidak sembarangan. Butuh keahlian dan pengalaman.


3. Perawatan jamur tiram

Merawat jamur tiram bekerjsama tidak sulit. Anda hanya perlu merawat baglog tempat jamur itu tumbuh. Susunlah baglog pada rak dengan arah vertikal yaitu lubang baglog menghadap ke atas , dan dengan arah horizontal lubang baglong mengarah ke samping. 3 hari setelah penyusunan baglog jangan menyiramnya dengan air dulu. Penyiraman menggunakan sprayer dengan membentuk menyerupai kabut akan membuat pertumbuhan jamur semakin baik. Jangan menyiramnya dengan tetesan air.


4. Panen jamur

Saat baglog jamur permukaan nya sudah tertutup dengan miselium tandanya jamur siap untuk di panen. Ini ialah waktu yang ditunggu para petani jamur. Jamur bisa di panen hingga 5 hingga 8 kali kalau perawatan baglog nya baik. Setelah itu baglog bisa anda jadikan sebagai pupuk kompos. Jarak panen pertama ke panen berikutnya berkisar 2 hingga 3 minggu.


Demikian peluang budidaya jamur tiram , urusan ekonomi rumahan yang menjanjikan dengan cara budidayanya. Semoga bermanfaat.