Ternak Kelinci Bisnis Rumahan yang Menguntungkan

Acrsc Blog | Ternak Kelinci Bisnis Rumahan yang Menguntungkan - Kelinci ialah hewan yang sangat lucu dan menggemaskan. Tidak heran banyak orang yang menyukai nya dan hobi memelihara hewan lucu satu ini. Kelinci memang hewan yang mudah di pelihara dan banyak peminatnya. Sehingga banyak orang yang melirik peluang perjuangan ternak kelinci sebagai perjuangan rumahan mereka.

Berternak kelinci mampu menjadi salah satu peluang perjuangan rumahan yang menjanjikan. Keuntungan yang besar dan prospek yang bagus. Ada dua tipe kelinci yang mampu di ternak yaitu kelinci pedaging dan kelinci hias. Kelinci hias unggul di harga jual dan kelinci pedaging unggul di undangan pasar yang lumayan besar.

Kelinci ialah hewan yang mudah di pelihara , sebab itulah banyak orang yang membudidayakan kelinci untuk usaha. Jika anda berminat untuk memulai perjuangan berternak kelinci maka anda harus menyiapkan lahan yang luas terlebih dulu untuk kawasan menampung kelinci - kelinci anda tersebut. Dan supaya menjauhkan kotoran kelinci dari pemukiman penduduk.

Memulai perjuangan ternak kelinci juga harus menyesuaikan dengan modal yang anda miliki. Sebenarnya terbak kelinci tidak membutuhkan banyak modal tergantung dengan berapa banyak jumlah kelinci yang akan kalian ternak kan.


Bagi anda yang berminat untuk memulai perjuangan ternak kelinci ini. Berikut ada beberapa tahapan - tahapan yang harus anda ketahui dalam menjalankan perjuangan ternak kelinci tersebut :

1. Persiapan Kandang

Baik berternak kelinci dengan skala besar maupun kecil , mempersiapkan sangkar ialah faktor penting. Ukuran sangkar mampu di sesuaikan dengan jumlah kelinci yang akan anda ternak kan. Pembuatan sangkar juga mampu di buat dengan sistem petak. Setiap petak di isi dua kelinci yaitu betina dan jantan. Kandang juga mampu di model susun hingga 2 hingga 3 tingkat supaya menghemat tempat. Anda juga mampu menentukan membuat sangkar dengan sistem terbuka atau tertutup.

Yang harus anda perhatikan ialah kerapatan kandang. Hal ini untuk mencegah masuknya binatang lain ibarat tikus , sebab akan memakan anak kelinci nantinya. Letakan juga posisi sangkar dengan benar. Kandang perlu di tempatkan pada kawasan hening yang tidak bising , dan jarang di lewati orang. Tempat kan dengan posisi yang sempurna untuk menerima sinar matahari yang cukup dan sirkulasi udara yang memadai.


2. Pemilihan Indukan

Langkah berikut nya siapkan indukan untuk mulai di ternakan. Jika anda berternak kelinci pedaging maka pilihlah indukan kelinci yang sehat dan berbobot besar. Sedangkan bila berternak kelinci hias anda mampu memilih indukan ibarat jenis angora , Himalayan , Rex dan masih banyak lagi. Yang pasti pilihlah indukan yang sehat dan tidak sakit.


3. Pengembangbiakan

Kelinci yang siap di kawinkan harus sudah berumur sekitar 5 bulan. Karena bila anda mengawinkan kelinci yang masih muda maka dampaknya kelinci tersebut akan rusak. Anda mampu mengawinkannya dengan cara mencampurkan indukan jantan dan betina. Lalu anda mampu memisahkan jantan dan betina saat indukan betina sudah terlihat hamil. Lama masa kehamilan kelinci membutuhkan waktu sekitar 30 hari. Dan setiap seekor kelinci mampu menghasilkan 5 hingga 10 ekor bayi kelinci.


4. Pemeliharaan

Tahap pemeliharaan ialah langkah derma pakan dan menjaga kebersihan kandang. Untuk pakan kelinci anda mampu menyampaikan sayuran ibarat kubis , wortel , kangkung dan rumput - rumputan. Berikan lah makanan yang berkualitas unggul supaya kesehatan kelinci terjaga sebab menerima nurtisi perhiasan yang cukup.

Kebersihan sangkar juga perlu anda perhatikan. Usahakan sangkar selalu dalam kondisi bersih. Anda mampu membersihkan sangkar sekitar 3 kali seminggu. Kebersihan sangkar ini bertujuan supaya kelinci tidak terserang penyakit.


5. Pemasaran Kelinci

Anak kelinci mulai mampu di jual sekitar umur 2 - 3 bulan. Anda mampu memasarkan ternak anda pada pet shop , pasar hewan , atau pada konsumen langsung. Namun bila jenis kelinci yang anda ternak ialah jenis kelinci pedaging maka anda mampu menawarkannya pada rumah makan atau restoran yang menyediakan menu dari daging kelinci.


Demikian artikel tentang Ternak Kelinci Bisnis Rumahan yang Menguntungkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.