Peluang Usaha Ternak Lele Kolam Terpal

Acrsc Blog | Peluang Usaha Ternak Lele Kolam Terpal - Saat ini berbagai orang yang membudidayakan lele dengan menggunkan bak terpal. Pasalnya bak terpal di nilai lebih mengguntungkan dan efektif. Budidaya ikan lele merupakan peluang usaha yang cantik karena ikan lele sudah di kenal oleh masyarakat luas.

Usaha ternak lele ini cocok untuk pemula atau orang yang sudah berpengalaman dalam bidang ini. Berternak lele termasuk ternak ikan yang mudah , karena lele termasuk ikan yang tidak mudah terkena penyakit dan tingkat pertumbuhannya yang cepat.

Usaha budidaya ikan lele memang sangat menggiurkan , bukan hanya dari keuntungannya saja namun karena perawatannya yang cukup mudah makanya banyak orang yang memilih terjun dalam perjuangan budidaya ikan lele.

Saat ini kebanyakan petani ikan lele menggunakan bak terpal untuk budidaya. Karena menggunakan bak terpal mempunyai beberapa keuntungan ibarat lebih mudah , karena proses pembuatan bak terpal tidak lah sulit dan tidak terlalu menguras tenaga.

Kolam terpal juga lebih meghemat modal yang di keluarkan. Karena hanya menggunakan bambu dan terpal. Modal yang anda keluarkan tergantung berapa besar sekala perjuangan anda. Dengan menggunakan bak terpal anda juga bisa lebih mengontrol duduk perkara hama dan penyakit. Bisa lebih mengontrol suhu , cuaca dan intensitas air bak juga.

Kolam terpal dirasa lebih fleksibel karena anda bisa membuat bak sesuai dengan lahan dan modal yang anda punya. Dalam tahap pembersihan bak , anda juga tidak akan mendapat kesulitan. Anda hanya tinggal mencuci terpal nya saja. Mudah bukan menggunakan bak terpal sebagai media budidaya ikan lele ?


Untuk perjuangan ternak lele dengan bak terpal ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ibarat :

1. Pemilihan bibit

Dalam budidaya ikan lele pemilihan bibit yakni hal yang penting. Bibit yang berkualitas akan mensugesti kesuksesan perjuangan anda. Pilih benih lele yang mempunyai ukuran sama rata , gesit , dan warnanya sedikit terang. Pemilihan benih yang ukuran nya sama rata bertujuan biar pertumbuhan nya serempak. Bibit yang sehat dan pergerakan nya yang baik kemungkinan besar terhindar dari penyakit.


2. Kualitas air

Lele tidak menyukai air yang jernih namun bukan berarti kita harus jorok. Air yang cantik untuk lele yakni berwarna hijau itu artinya lele sedang berkembang. Jika air bak bermetamorfosis merah itu artinya ikan siap untuk di panen.

Anda juga perlu menjaga kebersihan air , karena lele bernafas menggunakan labirin maka lele tidak boros oksigen. Manfaatkan tanaman air ibarat enceng gondok dan talas sebagai tanaman yang membuat keruh bak namun tidak menimbulkan air tercemar. Tanaman ini justru bisa menyerap racun di dalam air.


3. Ketinggian air kolam

Menggunakan bak terpal anda harus mengontrol ketinggian air bak , karena air bak akan terus berkurang disebab kan penguapan. Ketinggian air bak yang baik bagi lele yakni 20 cm di bulan pertama , 40 cm untuk bulan kedua , dan 80 cm untuk bulan ketiga.


4. Pakan ikan lele

Pakan lele yakni komponen budidaya ikan lele yang mahal. Pakan lele yakni pelet atau sentrat. Pakan lele di berikan 3 hingga 4 kali sehari. Dengan harga pakan yang mahal anda bisa mencari alternatif untuk pakan lele ibarat kroto , ikan - ikan kecil , ayam mati , dan ampas rumah tangga.


5. Panen

Panen yakni masa - masa yang paling di tunggu oleh para peternak lele. Ikan lele siap di panen biasanya saat sudah berumur 90 hari. Pilihlah ikan yang cocok untuk di panen. Jumlah ikan perkilogram berbeda - beda. Biasanya ada yang berjumlah 4 hingga 7 ekor.


Demikian artikel tentang Peluang Usaha Ternak Lele Kolam Terpal , untuk anda yang ingin cepat panen anda bisa membudidayakan lele sangkuriang. Semoga bermanfaat.